Saturday, February 5, 2011

Management blog

بسم الله الر حمن الر حيم

          Seseorang bertanya kepada master SEO Bagaimanakah cara mengelola blog yang baik itu, sesaat kemudian, sang master SEO menjawabnya dengan bijak…

          Seandainya anda berperan sebagai Master SEO, apa yang akan anda jawab? Mungkin jawaban anda akan sama dengan jawaban beberapa orang dan mungkin akan beda dengan beberapa orang lain juga. Singkatnya, anda, saya dan orang lain masing-masing akan mempunyai jawaban sendiri-sendiri. Saya-pun punya, berikut jawaban saya:

     1.  Pastikan, blog anda berisikan widget-widget yang menarik dan berguna

Bagi sebaian orang, widget akan sangat membantu perkembangan blog, namun sebaiknya, pilihlah widget-widget yang bermutu. Walaupun menarik, tapi kalau tidak berguna buat apa? Begitupun sebaliknya, berguna tapi tak menarik, buat apa pula? Yang baik adalah keduanya.

     2.   Tulislah artikel yang asli

Saya mau curhat: Seringkali ketika saya mencari sebuah artikel/tulisan tentang apa yang saya butuhkan, saya akan menncari di internet. Kebanyakan ketemu, namun tak sedikit saya menjadi jengkel karena saya menemukan artikel-artikel yang sama persis, tidak diedit sedikitpun. Itukan menandakan adminnya orang yang gimanaaaaa gt.

Ya, saya bukan mau menggurui, saya juga kalau kehabisan ide untuk posting, saya juga sedikit meng-copy, namun saya juga melaaukan sedikit perubahan, tidak sama persis dengan yang saya copy.

     3.  Set tema blog anda semenarik mungkin

Ketika anda melihat lawan jenis anda, apakah yang anda lihat pertama? Saya yakin jawabannya adalah penampilan luarnya. Begitupun dengan blog anda. Tema akan sangat berpengaruh bagi sebagian orang. Tema yang bagus akan mengundang banyak pengunjung.

     4.  Perhatikan ranking blog anda

Semakin tinggi ranking, akan semakin mudah ter-index oleh search engine. Yang saya maksud ranking adalah google pagerank dan alexa.

Google pagerank adalah sistem penilaian ranking sebuah blog yang dilakukan oleh google. Semakin banyak ranking yang dihasilkan, semakin baik pula blog itu (ranking antara 0-10). Sebaliknya, Alexa adalah sistem penilaian ranking blog oleh Alexa.com. Semakin sedikit rangking blog, berarti semkin baik pula blog itu.

     5.  Beri kenyamanan untuk pengunjung

Beri kenyamanan untuk pengunjung dengan memberikan fasilitas komentar dan backlink, karena itu juga akan meningkatkan nilai dari blog anda.

Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

No comments:

Post a Comment