Saturday, February 5, 2011

comboBox dan richTextBox di C sharp

بسم الله الر حمن الر حيم

          Berawal ketika saya hendak membuat suatu aplikasi, saya pasti menemui kendala, diantara kendala-kendala tersebut, ada yang dapat saya selesaikan sendiri dengan jurus coba-coba, ada juga yang sya selesaikan dengan melihat hal sejenis di menu bantuan/atau surfing di internet.

          Yang paling menantang adalah ketika saya harus menyelesaikan masalah yang saya hadapi sendiri tanpa melihat ini dan itu. Saya hanya mengandalkan jurus coba-coba. Contoh masalah yang saya temui adalah ketika saya harus merubah list yang ada dalam richTextBox menjadi list yang ada di comboBox, seperti berikut:

          Inilah list yang harus saya ubah dari list richTextBox ke list comboBox:

a, b, c, d, e, f, g, h, i, j, k, l, m, n, o, p, q, r, s, t ,u, v, w, x, y, z

Saya sudah coba beberapa cara dan hasilnya, memang tidak menyeleaikan masalah sih, namun menambah pengetahuan. Sampai akhirnya saya menemukan caranya, sebagai berikut:

comboBox1.DataSource = richTextBox1.Lines;

Dengan menggunakan fungsi DataSource, saya dapat mendownload data yang ada di richTextBox dan mengubahnya menjadi list (daftar) yang ditampilkan dicomboBox.


          Masalah lainnya adalah apabila list yang ada di richTexBox tidak urut (a, b, c,…,z) maka data yang ada di comboBox-pun tidak akan urut. Masalah ini belum saya temukan jawabannya, mungkin adan dapat membantu? Sya ucapkan terima kasih.


Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

No comments:

Post a Comment